Tuesday, July 2, 2019

Sapi Potong di RPH Cilegon Kurang Pasokan Makanan


CILEGON, BCO – Puluhan sapi potong yang berada di rumah potong hewan (RPH) Kota Cilegon banyak yang kurus-kurus akibat kurang makan. Kondisi demikian terjadi lantaran kurangnya pasokan rumput yang sudah berlangsung selama satu bulan terkahir ini. Akhirnya pengurus hewan di RPH Cilegon saat ini terpaksa memberi makan sapi tersebut dengan batang padi (jerami) atau rumput yang sudah kering.

“Dari pada tidak makan sapi disini, mau tidak mau saya harus memberi makan seadanya, meskipun rumputnya sudah kering,” kata Marki pengurus sapi di RPH Cilegon, Jumat 11 September 2015.
Dijelaskan, pihaknya sudah mencari rumput sampai ke luar wilayah Kota Cilegon, namun kondisinya sama, susah untuk mendapatkan rumput, bahkan biasanya ada yang menjual rumput saat ini sudah tidak ada.

“Kondisi kurangnya pasokan ruput sudah terjadi satu bulan belakangan ini. Dengan kondisi demikian kondisi sapi di rumah potong sangat memprihatinkan dan gampang terserang penyakit,” ucapnya.
“Lihat saja kondisi sapinya sudah kurus-kurus akibat kurang makan, mau apa lagi kita tidak dapat berbuat banyak karena rumput sangat susah di cari,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sarpan yang juga pengurus sapi di RPH mengatakan, biasanya RPH menyiapkan makanan khusus yaitu rumput gajah dibelakang RPH, namun akibat kemarau sudah tidak bisa tumbuh lagi.

“Kebetulan dibelakang rumah potong ini ada rawa, biasanya kita tanam rumput gajah, sekarang rawanya sudah kering, rumputnya juga ikut mati,” katanya. (*)

Source: 
https://www.bco-tv.com/kota-cilegon/sapi-potong-di-rph-cilegon-kurang-pasokan-makanan

0 comments: